Kedekatan Ayah dan Anak

ayah

Keseimbangan pengasuhan ibu dan ayah terhadap anak sangat berpengaruh terhadap perkembangannya. Secara psikologis anak akan mendapat dua peran sekaligus dari ibu maupun ayah, bukan hanya dari salah satu pihak saja. Tentunya manfaat dari kedekatan yang dibangun oleh orang tua dan anak sangat banyak sekali, diantaranya :
1. Kedekatan ayah dan anak membuka kesempatan bagi Ayah untuk memberikan pendidikan Agama sedini mungkin karena sesungguhnya secara fitrah anak dilahirkan dalam keadaan suci. seperti dicontohkan luqman didalam Al-Qur’an “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar” (QS. Luqman: 13).
2. Bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Perhatian dan kasih sayang orang tua yang stabil bukan hanya dari salah satu pihak saja bisa menumbuhkan keyakinan bahwa dirinya berharga bagi orang lain.
3. Menumbuhkan kemampuan membina hubungan yang hangat. Bagaimana pola relasi yag dibagun orang tua dengan anak suatu saat pasti akan dijadikan contoh bagi anak bila sudah dewasa. Anak yang dibesarkan dengan penuh kekerasan maka anak pun juga melakukan hal tersebut, karena anak akan menganggap bahwa itu adalah sesuatu hal yang wajar boleh dilakukan.
4. Menumbuhkan semangat mengasihi sesama dan peduli pada orang lain. Kehangatan yang diciptakan orang tua mampu menumbuhkan rasa sensivitasan atau kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya.
5. Melatih disiplin. Kedekatan yang terbangun dapat membuat orang tua memahami anaknya, sehingga orang tua lebih mudah memberikan arahan secara prposional tanpa harus memaksa anak dan bertindak keras.
6. Berpengaruh pada pertumbuhan intelektual dan psikologis. Bentuk kasih sayang yang terjalin, kelak mempengaruhi pertumbuhan fisik, intelektual dan kognitif serta perkembangan psikologis anak.
Nah, bagaimanakah ketika ayah sibuk bekerja diluar agar tetap bisa dekat dengan anak:
a. Mulailah kedekatan dengan anak sejak masih dalam kandungan sang ibu
b. Membantu merawat si kecil mulai dari memandikan,memasangkan pakaian maupun menyuapi makanan
c. Bermain bersama
d. Bercanda
e. Terlibat dalam kehidupan sosial sang anak sehingga tahu teman-temannya dan aktivitasnya
f. Menjalin komunikasi yang baik.
Demikianlah, semoga kita menjadi ibu dan ayah yang terbaik untuk anak kita

sumber : diambil dari segala sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s